Definisi Community Development dan Islamic Community Development - Icol Dianto

Featured Post

TUGAS MATA KULIAH METODE PENELITIAN KOMUNIKASI DAN DAKWAH

TUGAS MATA KULIAH METODE PENELITIAN KOMUNIKASI DAN DAKWAH 1.     Membuat proposal tesis. Tugas mata kuliah ini adalah menulis proposa...

Definisi Community Development dan Islamic Community Development

Share This

Development adalah perubahan yang terjadi secara sistematis (terstruktur) dan berkelanjutan (dari waktu ke waktu, terus-menerus). Menurut Neil J. Salkind dalam Encyclopedia of Human Development terbitan SAGE Publications (2005: 359-361) menjelaskan bahwa "Development is systematic change over time." Ia mengibaratkan Development pada manusia. Menururnya, human development dimulai dari perkembangan fisik, psikologis, dan sosial. Setiap tahapan dari perkembangan manusia itu memiliki perbedaan yang signifikan. 
Demikian juga halnya dengan community development, dikatakan begitu, maka masyarakat yang terus-menerus mengalami perubahan terencana, terukur, dan terstruktur. 
Meskipun tidak ada satu definisi tunggal dalam memahami term community development, namun ada kata kunci yang dapat dijadikan standar/indikator.
Pemahaman saya tentang Community Development ditandai oleh: adanya perubahan, direncanakan, memiliki tujuan yang dapat diukur, dan berkelanjutan.
Lalu, bagaimana dengan kata Islam pada Islamic Community Development. Saya perlu menyampaikan kutipan dari mantan dekan FDK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Arief Subhan, M.Ag., sebagai berikut: Islamic community development is community development base on islamic value and islamic organization.
Singkatnya, PMI itu community development yang didasarkan pada nilai-nilai Islam dan organisasi (institusi) Islam. Terakhir, saya tambahkan bahwa perlu islamic perspective dalam PMI (Pengembangan Masyarakat Islam / Islamic Community Development).

No comments:

Post a Comment