Profil Dr. Icol Dianto, S.Sos.I., M.Kom.I - Icol Dianto

Featured Post

TUGAS MATA KULIAH METODE PENELITIAN KOMUNIKASI DAN DAKWAH

TUGAS MATA KULIAH METODE PENELITIAN KOMUNIKASI DAN DAKWAH 1.     Membuat proposal tesis. Tugas mata kuliah ini adalah menulis proposa...

Profil Dr. Icol Dianto, S.Sos.I., M.Kom.I

Share This

ICOL DIANTO lahir pada 10 Maret 1987 di sebuah desa kecil bernama Ampalu, Kenagarian Gantiang Mudiak Selatan Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Ia merupakan anak ke-4 dari 6 bersaudara dari pasangan Luis dan Nurlian. Pendidikan yang ditempuhnya dimulai dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Ampalu (1996-2001), SMPN 3 Sutera (2001-2004), dan SMAN 1 Sutera (2004-2007). Pendidikan tinggi dimulai dari S1 Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang (2007-2011). Gelar magister diraih di kampus yang sama dengan Program studi S2 Dakwah/Pengembangan Masyarakat Islam Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang (2011-2015). Sementara itu, Pendidikan Doktor (S3) diselesaikannya di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2019-2022) dengan Konsentrasi Ilmu Dakwah.

Penulis menikah dengan Hari Candrawati, S.Sos.I., MM., seorang putri asli Minangkabau yang berasal dari Kampung Jua, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Propinsi Sumatera Barat, Indonesia, 19 Juni 2013. Dari pernikahan tersebut, penulis dianugerahi dua orang anak perempuan, yaitu ananda Nafisah Khairunnisa dan Zahratul Jannah Khairunnisa.

Seusai menyelesaikan Pendidikan sarjana pada Maret 2011, penulis bergabung dengan koran Haluan (Haluan Media Group) sebagai wartawan biasa. Kemudian, penulis ditempatkan sebagai Kepala Biro Haluan di Kabupaten Solok Selatan Juli 2012 s/d Maret 2014. Restrukturisasi organisasi media dari pihak manajemen Haluan di Padang berimbas pada penulis. Atas sebuah prestasi, penulis dipercayakan untuk memperkuat dan mengembangkan Haluan di Kabupaten Pasaman dengan jabatan sebagai Kepala Biro sejak Maret 2014 s/d Mei 2016. Tugas Kepala Biro di level Kabupaten adalah tugas keredaksian-pemberitaan dan bisnis-keuangan.

 Sejak tahun 2016 bergabung sebagai Dosen Tetap non-PNS di IAIN Padangsidimpuan, dan lulus sebagai Calon dosen pada November 2017 dan CPNS Januari 2018. Pada tahun 2019, usai mendapatkan status PNS penuh, Icol Dianto dinyatakan lulus untuk melanjutkan Pendidikan Doktor (Strata Tiga/S3) di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui Program 5000 Doktor Dalam Negeri, yang disponsori oleh Ditjen Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Dirjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.

Sejumlah mata kuliah keilmuan Program studi Pengembangan Masyarakat Islam (Prodi PMI) sudah pernah diampunya, di antaranya adalah Mata kuliah Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat Islam, Metode Penelitian Dakwah dan PMI, Kesejahteraan Sosial dan Rehabilitasi Sosial, Teknik Pengembangan Lembaga, Sosiologi Dakwah, Kewirausahaan, Praktik PMI. Selain mata kuliah keilmuan tersebut, ia juga pernah mengampu mata kuliah Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila.

Beberapa riset yang pernah dilaksanakan adalah: Problematika Pendamping Desa Profesional dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kota Padangsidimpuan (LPPM IAIN Padangsidimpuan, 2018); Strategi Membina Partisipasi Masyarakat Milenial dalam Pembangunan Desa Religius Kabupaten Mandailing Natal: Studi Kasus Kampung Al-Quran Desa Lumban Dolok (LPPM IAIN Padangsidimpuan, 2019); dan Studi Komparatif Model Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Padangsidimpuan dan Kabupaten Tapanuli Selatan (LPPM IAIN Padangsidimpuan, 2020).

Aktif menulis artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada Jurnal Nasional Terakreditasi. Beberapa judul artikel tersebut adalah: Pemberdayaan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Pasaman (IAIN Padangsidimpuan, 31 Juli 2016); Urgensi Etika Profesi Pengembangan Masyarakat Islam (UIN Alauddin Makassar, 31 Juli 2018); Peranan Dakwah Dalam Pengembangan Masyarakat Islam (IAIN Padangsidimpuan, 31 Juli 2018); Problematika Pendamping Desa Profesional dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kota Padangsidimpuan (UIN Walisongo Semarang, 31 Juli 2018); Problematika Pers Lokal dalam Menghadapi Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Sumatera Barat (UIN Walisongo Semarang, 31 Juli 2018); Penulisan Ilmiah Murni dan Populer: Teori dan Praktik (IAIN Padangsidimpuan, 28 Juni 2019); Paradigma Perubahan Sosial Perspektif Change Agent Dalam Al-Quran (UIN Sunan Kalijaga, 31 Juli 2019); Kepemimpinan Komunitas: Studi Pemahaman Hadis Kepemimpinan di Tangan Bani Quraisy (IAIN Padangsidimpuan, 31 Juli 2019); Pembentukan Manhaj Jamaah Dalam Pengembangan Masyarakat Islam (IAIN Padangsidimpuan, 31 Juli 2019); Hambatan Komunikasi Antar Budaya: Menarik Diri, Prasangka Sosial, dan Etnosentrisme (IAIN Padangsidimpuan, 31 Juli 2019); Analisis Tematik Subjek Dakwah Dalam Al-Quran (IAIN Padangsidimpuan, 31 Juli 2019); Komunitas Muslim Minoritas: Problematika Migrasi dan Muslim Minoritas di Uni Eropa (IAIN Padangsidimpuan, 31 Juli 2020); Diskriminasi Gender: Kajian terhadap Penamaan Janda Bolong dalam Perspektif Konstruktivisme Media (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 11 November 2021); Moderasi Beragama melalui Film Animasi: Peluang dan Tantangan pada Generasi Digital (IAIN Palangka Raya, 25 Desember 2021); Ideological and media discourse study of Nasrudin Joha's political article (UIN Walisongo Semarang, 30 Desember 2021); Hambatan Sosio-politikal dalam Pembangunan Desa Religius di Kabupaten Mandailing Natal, Indonesia (UMJ Jakarta, Juli 2022); Participation of Milennials in the Development of the Al-Quran Village: A Sustainable Promotion Perspective (UIN Sunan Kalijaga, Juli 2022).

Pembaca dapat berkomunikasi melalui e-mail: icoldianto@gmail.com, dan kontak person: 082174457803. Alamat kantor: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Jl. T. Rizal Nurdin Km.4,5 Sihitang, Kota Padangsidimpuan, Propinsi Sumatera Utara.

 

 


No comments:

Post a Comment