Integrasi Ilmu Dakwah dengan Social Work di PTKIN Indonesia - Icol Dianto

Featured Post

TUGAS MATA KULIAH METODE PENELITIAN KOMUNIKASI DAN DAKWAH

TUGAS MATA KULIAH METODE PENELITIAN KOMUNIKASI DAN DAKWAH 1.     Membuat proposal tesis. Tugas mata kuliah ini adalah menulis proposa...

Integrasi Ilmu Dakwah dengan Social Work di PTKIN Indonesia

Share This

Transformasi Institut menjadi Universitas di lingkungan kampus keagamaan Islam di Indonesia tidak sebatas mendirikan program studi umum. Akan tetapi, IAIN with wider mandate berupaya untuk menghapus dikotomis antara ilmu keislaman dan ilmu umum. 

Dengan demikian, ikhtiar seluruh civitas akademisi UIN harus memiliki kesadaran dan moralitas akademis untuk mengemban tugas melaksanakan integrasi ilmu.

Buku yang ada di tangan pembaca ini berjudul Integrasi Ilmu Dakwah dengan Social Work di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Indonesia merupakan buku referensi yang mengupas integrasi keilmuan antara Ilmu Dakwah dengan Social Work. Didirikan sejak 1960-an, Jurusan Dakwah yang mengkaji Ilmu Dakwah mengalami perkembangan yang dinamis. Ia mampu berintegrasi dengan disiplin ilmu Komunikasi, Konseling, Sosiologi, Psikologi, dan Social Work. 

Buku ini menawarkan pemahaman bahwa Program studi PMI yang selama ini dikenal sebagai perwujudan dari konsep Da’wah bi al-Hāl adalah Program studi yang lahir dari integrasi ilmu Social Work dengan Ilmu Dakwah. Dokumen sejarah membuktikan bahwa Ilmu Social Work telah menjalin dialog dengan Ilmu Dakwah sejak Jurusan Dakwah itu didirikan. Pada awalnya Social Work muncul sebagai mata kuliah keilmuan dari Program studi Bimbingan dan Penyuluhan Masyarakat. Kemudian, seiring bertransformasinya Jurusan Dakwah menjadi Fakultas Dakwah, keilmuan Social Work turut bermetaforfosis menjadi Program studi Pengembangan Masyarakat Islam dan Prodi Kesejahteraan Sosial.

Dua gagasan penting dalam buku ini adalah membangun Ilmu Dakwah yang terintegrasi￾interkoneksi dengan keilmuan program studi dan membangun kesadaran akademis yang dapat menyatukan Program studi PMI dan Program studi Kesejahteraan Sosial yang memiliki body of knowledge yang sama, yaitu Social Work. Lalu, bagaimana dinamika integrasi Ilmu Dakwah dengan Social Work? Bagaimana model integrasi Ilmu Dakwah dengan Social Work, dan bagaimana kaca mata filsafat ilmu digunakan untuk membingkai proses integrasi Ilmu Dakwah dengan Social Work.

Untuk memperkuat asumsi dan temuan riset dalam buku ini, disajikan data yang bersumber dari pengalaman penyelenggaraan Program studi PMI dan Prodi Kesos di dua kampus keagamaan Islam. Dua kampus ini, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, merupakan pioneer dalam penyelenggaraan Program studi Kesejahteraan Sosial, yang dibina langsung oleh McGill University Canada. 

Akhirnya, buku ini layak dibaca oleh akademisi (dosen, peneliti, mahasiswa) dan praktisi (profesi) yang mendalami disiplin Social Work baik pada Prodi Pengembangan Masyarakat (community development), Prodi Kesejahteraan Sosial (social welfare), dan Pembangunan Sosial (social development) di kampus keagamaan dan umum.

Untuk memesan buku ini, silahkan order ke penerbit berikut ini.


https://dialektika.or.id/publikasi/integrasi-ilmu-dakwah-dan-social-work-dinamika-sejarah-model-integrasi-dan-titik-temu-ilmu-dakwah-dengan-social-work-di-perguruan-tinggi-indonesia/

No comments:

Post a Comment